Senin, 22 Agustus 2011

Cara membuat blog di Blogspot

     Ada banyak cara yang dilakukan untuk terjun dalam bisnis internet, salah satunya adalah membuat blog. Melalui Web atau Blog kita dapat memasarkan suatu produk milik sendiri maupun memasarkan produk milik perusahaan/orang lain (Publisher), misalnya sebagai publisher Google Adsense. Sebenarnya dalam jangka pendek & instan, kita tidak perlu belajar secara detail mengenai pemrograman web, CSS, dsb, semua program tsb dapat dipelajari sambil berjalan. Kita capai dulu tujuan utama pembuatan blog, sementara kita pelajari dulu teknik-teknik utamanya dulu, misalnya pembuatan menu, design, cara cepat masuk index google dsb). Kita dapat mengembangkan & mengamalkan ilmu yang kita miliki dengan cara menyalurkan pada blog/websites (selain untuk bisnis tentunya).

     Sebelum membuat blog di blogspot, kita wajib memiliki alamat email lebih dahulu. Saya sarankan memiliki akun email Gmail, karena Blogspot merupakan salah satu layanan dari Google.com.

Langkah praktis (3 tahap) membuat blog di Blogger.com;
1. Buka situs www.blogger.com
Klik Get Started (bagi Anda yang belum mempunyai akun gmail). Tetapi bagi Anda yang sudah mempunyai akun gmail silahkan masuk melalui akun email Anda dengan cara masukkan alamat email & password Gmail Anda lalu klik Sign in








2. Isi form pendaftaran dengan lengkap kemudian klik tombol LANJUTKAN 
  
 
















3. Lalu akan ada tampilan seperti ini, 
Silahkan anda tentukan nama blog dan alamat blog yang anda inginkan (Perhatian: Siapkan betul nama Blog Anda, karena tidak dapat dirubah lagi). Kemudian klik tombol LANJUTKAN
Selanjutnya tentukan themes/template untuk blog baru anda. Pilih salah saja satu template yang disediakan (template ini dapat kita rubah sewaktu-waktu)
Sampai dengan tahap ini Blog Anda sudah jadi, Anda sudah dapat memulai memasukkan posting.

Klik saja tombol MULAI BLOGGING. Pada tampilan Post Editor, isi dengan menulis apa saja (agar blog anda tidak di lock). Contoh : Hello World. Klik tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nantinya akan muncul di blog, Setelah posting Anda sudah benar-benar siap ditampilkan, silahkan klik tombol TERBITKAN ENTRI. Klik “LIHAT ENTRI” jika ingin melihat posting yang baru diterbitkan pada blog anda. Jika sudah selesai melakukan Edit pada Blog, klik Keluar/Sign Out.

*** SELESAI ***

     Ini merupakan tahap awal pembuatan Blog, untuk masalah design, optimalisasi, edit template dsb akan Saya bahas pada artikel selanjutnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More